Simak 7 Tips Career Switch Ini Agar Finansial Anda Tidak Terganggu!

Dokter menjadi tukang roti. Auditor jadi jurnalis, PNS jadi pemain voli. Ini adalah beberapa kisah peralihan karier yang mungkin pernah Anda lihat.

Setiap cerita memiliki tantangan yang berbeda. Namun pada dasarnya, orang-orang ini berganti karier karena mereka telah menemukan sesuatu yang lebih penting, dan itu bisa menjadi suatu keharusan.

Lantas, apa itu Switch Career dan apa saja tipsnya? Lihat petunjuk di bawah ini:

Apa itu Career Switch ?

Dikutip dari laman Indeed.com Beralih Karir adalah tindakan berpindah karir dari satu karir ke karir lainnya dengan ruang lingkup yang berbeda. Misalnya beralih dari bidang medis sebelumnya ke bidang kuliner.

Secara garis besar, tips pindah karir tidak jauh berbeda dengan tips berhenti, karena Anda ingin serius menjalankan bisnis Anda tanpa mengorbankan keuangan Anda. Bedanya, career switch adalah istilah yang digunakan anak-anak saat ini ketika mereka ingin pindah ke departemen atau perusahaan lain.

Dampaknya apa?

Jika tidak direncanakan dengan hati-hati, perubahan seperti itu bisa menimbulkan kejutan pendapatan, situasi di mana pendapatan tiba-tiba turun ketika pengeluaran tidak berkurang sama sekali.

Pada dasarnya, perubahan karir berarti memulai karir baru. Anda bisa kehilangan pekerjaan atau penghasilan di mana Anda awalnya memulai.

Mengapa Banyak Orang Career Switch?

Padahal, dari zaman dahulu hingga sekarang, banyak orang yang berganti karier. Ada banyak alasan, seperti:

  • ▪ Cari lebih banyak pendapatan
  • ▪ Temukan pekerjaan berdasarkan hasrat Anda
  • ▪ Ingin fokus mengembangkan bisnisnya
  • ▪ Ekosistem kantor yang tidak sehat
  • ▪ Temukan pekerjaan yang dapat Anda lakukan sambil merawat keluarga Anda

Nyatanya, berganti pekerjaan setiap 3 sampai 5 tahun menghasilkan lebih banyak uang bagi kita daripada berharap untuk naik jabatan di satu tempat kerja.

Tidak hanya itu, kami juga mendapatkan akses ke suasana, lingkungan, pekerjaan, dan tantangan baru yang membuat hidup tidak membosankan.

Tips Career Switch di Usia Muda maupun Tua Tanpa Mengganggu Keuangan

Orang yang menikah, lulusan baru, atau berusia 30-an yang mengalami krisis paruh baya semuanya dapat beralih karier.

Nah, berikut kami jelaskan tips beralih karir untuk segala usia tanpa mempengaruhi keuangan bulanan Anda dan menghindari kejutan pendapatan.

Tentukan Bidang Karir yang Diinginkan

Pertama, kenali bidang karir yang Anda inginkan selanjutnya. Jangan sampai kita berhenti dari pekerjaan kita dan tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Pergantian karir tidak harus tentang karir lama. Tidak jarang akuntan menjadi artis, guru menjadi stand-up comedian, dan pekerja kantoran menjadi pengacara.

Mulailah dengan mengidentifikasi bidang karir yang Anda minati saat itu. Kata lucu itu sendiri bisa ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya:

  • Jumlah pembayaran
  • Gairah
  • Kemudahan pekerjaan
  • Tingkat kesenangan atau dinamika kerja

Asah Skill di Bidang Karir Baru Sebelum Resign di Kantor Lama

Manfaatkan transisi karir ke level berikutnya dengan terlebih dahulu mengasah keterampilan Anda sebelum berhenti dari pekerjaan Anda. Saat ini sudah banyak situs kursus online, kita bisa belajar bebas sesuai waktu, dan tidak perlu absen lewat Zoom dan lain sebagainya setiap hari.

Cara lain untuk mengasah keterampilan Anda adalah dengan melihat konten terkait bidang karier tersebut di YouTube, mengikuti influencer di bidang serupa, atau bergabung dengan komunitas online di Discord atau Facebook.

Sebagai pertimbangan untuk mengambil kursus online. Anda bisa ikut program seperti Akuntansi atau bahkan UI UX Designer di Arkademi.

Kumpulkan Dana Darurat Setara 1 Tahun Penghasilan

Tip transisi karir ketiga dan terpenting berjalan seiring dengan tip kedua.

Anda pasti sudah sering mendengar bahwa mau berhenti dari pekerjaan atau tetap melakukan pekerjaan yang sama, Anda harus memiliki tabungan setara pendapatan satu tahun. Namun, tidak banyak orang yang mengikuti tips keuangan ini.

Kami juga telah menjelaskan sebelumnya bahwa peralihan karier disertai dengan kejutan pendapatan. Oleh karena itu, tujuan menabung setara dengan pendapatan satu tahun adalah untuk menutupi kekurangan pendapatan bulanan sambil beradaptasi dengan gaya hidup baru.

Bagi yang sudah menikah, usahakan untuk menabung penghasilan selama setahun. Namun, jika Anda masih hidup sendiri dan cicilannya tidak besar, usahakan untuk menabung tidak kurang dari penghasilan 6 bulan.

Cek Ketersediaan Lowongan Pekerjaan Sebelum Resign

Untuk trik ini, Anda bisa melakukannya di waktu senggang.

Gunakan situs seperti Gig Jobs dan situs lowongan pekerjaan lainnya untuk melihat lowongan pekerjaan, perkiraan gaji, dan keterampilan yang dibutuhkan untuk jenjang karir selanjutnya.

Tentunya tips ini bisa kamu lewati jika ingin beralih karir sebagai Youtuber, influencer atau entrepreneur.

Mencoba untuk mendapatkan sertifikasi

Beberapa program kursus online dilengkapi dengan sertifikat dari institusi masing-masing. Kredensial ini bisa menjadi modal tambahan resume Anda saat ingin melamar pekerjaan baru.

Namun perlu Anda ketahui juga bahwa tidak semua perusahaan menerima sertifikat dari lembaga kursus manapun. Jika Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan sertifikat dari program pemerintah atau lembaga terkemuka seperti Google di bidang yang Anda inginkan, ambillah.

Mengundurkan diri untuk melanjutkan magang atau lepas

Akhirnya, saatnya bersiap untuk berhenti dari pekerjaan Anda.

Saat melamar pekerjaan baru, Anda juga dapat mencoba magang atau menggunakan situs web lepas untuk mempelajari bidang pekerjaan baru.

Jika Anda telah mengikuti tip perubahan karir ketiga dengan baik, mencari tempat magang dan kerja lepas seharusnya tidak terlalu sulit. Karena kami telah memperoleh keterampilan dan pengalaman yang diperlukan dari tempat kerja lama.

Tips perubahan karir yang paling penting sebenarnya adalah merencanakan dengan sebaik mungkin. Bahkan jika Anda tiba-tiba ingin berganti pekerjaan, setidaknya rencanakan bagaimana Anda akan mengatur penghasilan Anda untuk tahun pertama jika gaji di pekerjaan baru lebih rendah dari sebelumnya.

Temukan mentor

masalah ditemukan? Ingin bertanya? Cobalah untuk menemukan tutor yang cocok untuk Anda. Seseorang yang menekuni bidang yang sama dengan Anda dan hidup sukses sejak awal.

Setiap orang membutuhkan saran dan cerita dari pengalaman sebelumnya.

kesimpulan

Perubahan karir memiliki dampak yang besar pada kehidupan seseorang. Ini bisa mengasyikkan karena Anda mengejar bidang yang berbeda dari sebelumnya.

Selain berdampak positif pada keuangan, juga berdampak pada kepuasan spiritual dan karir Anda.

Di sisi lain, mengubah karier bisa menjadi bisnis yang berisiko. Penuh kebodohan, karena esensinya baru.

Di atas adalah tips yang kami perkenalkan, berharap dapat memberikan beberapa informasi kepada pembaca.

Terimakasih semoga berhasil.

Tinggalkan komentar