Kris Wu, aktor China kelahiran Kanada divonis 13 tahun

Wu Yifan, aktor dan penyanyi Tiongkok kelahiran Kanada, dijatuhi hukuman 13 tahun penjara karena pemerkosaan.

Pengadilan Distrik Chaoyang di Beijing memutuskan pada hari Jumat bahwa selebriti berusia 32 tahun itu bersalah atas pemerkosaan dan percabulan.

Aktor yang juga dikenal sebagai Wu Yifan itu juga akan dideportasi setelah menjalani hukumannya.

Pengadilan mengungkapkan bahwa terdakwa melakukan hubungan seks dalam keadaan mabuk dengan tiga wanita di flatnya antara November dan Desember 2020.

Pada 1 Juli 2018, Wu juga bekerja sama dengan orang lain untuk mengatur agar dua wanita lain melakukan hubungan seks bebas setelah minum-minum di apartemennya.

Pengadilan mengatakan terdakwa harus dihukum karena tindakannya didasarkan pada fakta-fakta yang dihadirkan di persidangan.

Beberapa pejabat dari kedutaan Kanada di Beijing menghadiri sidang dan membacakan putusan.

Pada 31 Juli 2021, Wu yang memiliki 50 juta pengikut di Weibo bergaya Twitter China, ditangkap oleh polisi di Distrik Chaoyang atas tuduhan memikat wanita untuk berhubungan seks. Kejaksaan Distrik Chaoyang menyetujui penahanan aktor muda atas tuduhan pemerkosaan.

Sejumlah merek ternama yang pernah mempekerjakan Wu sebagai “brand ambassador” pun memutuskan hubungan kerja karena kasus tersebut.

Beberapa stasiun TV China, perusahaan film, dan industri musik telah mengambil langkah serupa.

Juga pada hari Jumat, Biro Perpajakan Kota Beijing mendenda Wu 600 juta yuan (sekitar 1,3 triliun dong) karena dugaan penggelapan pajak.

Tinggalkan komentar